7 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mencari Apartemen Layak Huni

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mencari Apartemen Layak Huni

Tak dapat diragukan lagi bahwa mobilitas dan kesibukan orang kini meningkat hingga berkali-kali lipat. Hal ini mau tidak mau membuat seseorang harus memiliki sebuah hunian yang dekat dengan setiap tempat kegiatan.

Dibandingkan dengan harus membeli sebuah rumah baru, apartemen bisa dianggap sebagai solusi yang paling mumpuni.

Tentu saja ada banyak alasan mengapa apartemen bisa Anda jadikan pilihan utama, dan salah satunya harga satu unit apartemen, baik yang dibeli atau pun disewa lebih murah daripada rumah, mulai dari apartemen layak huni hingga apartemen yang sudah cukup elit sekalipun.

Jika memang mencari sekedar tempat untuk istirahat di malam hari karena lebih banyak menghabiskan waktu diluar, apartemen layak huni sepertinya sudah sangat cukup untuk kebutuhan tersebut. Namun tentu saja Anda tidak bisa memilih apartemen secara sembarangan.

Beberapa hal yang sebaiknya tetap Anda perhatikan ketika sedang mencari apartemen layak huni ialah sebagai berikut.

1. Fasilitas yang Memadai

Anda memang tidak bisa berkpektasi akan mendapatkan apartemen dengan fasilitas wow seperti di hotel jika hanya sekedar mencari apartemen layak huni, namun bukan berarti tidak ada fasilitas yang memadai sama sekali.

Fasilitas yang harus ada di apartemen ataupun di sekitar apartemen ialah ruang hijau terbuka, beberapa fasilitas umum seperti halte bus, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan sebagainya.

Fasilitas yang sudah disebutkan tadi bisa dikatakan sebagai fasilitas yaNg wajib ada pada apartemen layak huni.

Tak perlu yang terlalu mewah seperti apartemen para selebritis, namun setidaknya cukup memudahkan Anda ketika akan berkegiatan, karena memang inilah tujuan Anda ketika akan pindah ke apartemen.

2. Mencari Lokasi yang Strategis

Tips ini sudah seharusnya diketahui oleh semua orang yang sedang mencari apartemen. Karena akan sangat sia-sia ketika seseorang pindah ke apartemen namun makin jauh dari semua tujuan yang biasanya ia datangi.

Tak harus terlalu dekat, karena biasanya tidak mudah untuk mendapatkannya, namun setidaknya bisa menghemat waktu perjalanan Anda.

Namun, jika memang berniat mencari apartemen layak huni di tempat yang strategis memang sudah seharusnya menyediakan budget lebih, karena biasanya harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan apartemen lainnya.

Hal ini seharusnya tidak menjadi masalah serius karena nantinya Anda sendiri yang akan merasakan kemudahan setelah pindah.

3. Cari tahu reputasi developer terlebih dahulu

Mencari apartemen memang erat kaitannya dengan developer. Karena semakin kesini semakin banyak saja orang yang mengeluh karena merasa dirugikan oleh developer, maka Anda sebaiknya menjadi lebih berhati-hati agar tak seperti mereka.

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan ketika sedang mengecek apartemen layak huni tersebut ialah pastikan bahwa pihak mereka sudah memiliki Izin Mendirikan Bangunan.

Lalu, mulailah cari tahu apakah developer yang sedang Anda tuju memiliki track record yang bermasalah atau tidak.

4. Jagalah hubungan baik dengan developer

Mencari tahu tentang developer bukan berarti Anda harus mengusut tuntas hingga pihak developer akan merasa tidak respect dengan Anda.

Anda harus ingat bahwa ketika nanti sudah jadi membeli apartemen, Anda akan terus berhubungan dengan developer tersebut.

Jika Anda bisa menjaga hubungan yang baik, maka tidak akan ada mis komunikasi atau hal buruk lainnya. Hal ini tentu akan memberikan dampak baik bagi Anda jika suatu saat mencari informasi apartemen layak huni lain, atau bisa juga untuk urusan lainnya.

5. Pahami Kontrak terlebih dahulu

Ketika sudah deal akan membeli atau menyewa apartemen, tentu nantinya akan ada kontrak yang disepakati dan ditAndatangani bersama. Karena biasanya kontrak tersebut lumayan panjang, pastikan Anda membaca dan memahaminya satu persatu

Dengan begini Anda sudah bisa mencegah adanya kesalahpahaman yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Dalam kontrak biasanya setiap permasalahan akan dibahas setiap point. Jika memang Anda membelinya sejak dari apartemen ini masih sedang dibangun, poin mengenai bagaiaman jika pembangunan terlambat dan lain sebagainya akan dicantumkan dengan cukup jelas.

6. Sertifikat bangunan

Ada beberapa buah sertifikat bangunan yang seharusnya dimiliki oleh apartemen layak huni. Itu sebabnya Anda harus memastikan apakah apartemen yang akan Anda beli atau sewa memiliki sertifikat tersebut atau tidak.

Adapun beberapa sertifikat yang harus ada ialah Izin Mendirikan Bangunan, Surat Izin Prinsip, Hak Guna Bangunan dan Surat Izin Penggunaan Peruntukkan Tanah. Jika salah satu saja dari sertifikat itu tidak tersedia, maka Anda bisa menanyakannya terlebih dahulu.

7. Pertimbangkan juga tempat parkir dan keamanan

Setiap orang mungkin masih berpikir bahwa tempat parkir bukanlah kebutuhan utama, namun berbeda dengan Anda yang tinggal di apartemen, dimana sebagian besar sudah menggunakan mobil pribadi.

Tidak hanya itu saja, apartemen layak huni juga sudah seharusnya memiliki sistem keamanan yang baik.

Setidaknya, sudah ada CCTV yang terpasang di sekitar apartemen, sehingga bisa langsung mencari tahu apa yang terjadi ketika ada kejadian yang kurang enak atau merugikan.