Tepatkah Memilih Apartemen Untuk Mahasiswa Tinggal Selama Kuliah?

Tepatkah Memilih Apartemen Untuk Mahasiswa Tinggal Selama Kuliah

Sebagai seorang mahasiswa, Anda memiliki banyak pilihan dalam urusan tempat tinggal selama proses kuliah. Sebab, mahasiswa biasanya berasal dari daerah yang jauh dari Universitas tempatnya menimba ilmu.

Sebagian ada yang memilih kost dan kontrakan dikarenakan biaya sewa per bulannya lebih terjangkau.

Meskipun begitu tidak jarang pula yang memilih apartemen untuk mahasiswa yang berkeinginan memiliki tempat tinggal yang lebih nyaman. Meskipun dari segi biaya jauh lebih mahal ketimbang tinggal dikost ataupun kontrakan.

Tentu saja memilih apartemen untuk mahasiswa memiliki kelebihan dan kekurangan. Diantaranya:

1. Kelebihan

Inilah informasi mengenai beberapa kelebihan memilih apartemen untuk mahasiswa:

• Lingkungan apartemen lebih terjaga kesehatannya.

Kost untuk mahasiswa biasanya identik dengan lingkungan yang kumuh dan kebersihannya tidak terjaga. Apalagi bagi kost laki-laki.

Kurang pedulinya mereka terhadap kesehatan terlihat dari kamarnya yang berantakan serta sampah yang berserakan. Beda dengan apartemen yang menyediakan jasa perawatan apartemen, sehingga kebersihan dan kesehatannya lebih terjaga.

• Sistem keamanan yang lebih terjamin.

Karena dilengkapi CCTV dan sekuriti, maka keamanan di apartemen lebih terjamin. berbeda dengan kost dan kontrakan yang tidak ada sistem keamanan yang memadai.

Sehingga kehilangan barang adalah hal yang lumrah terjadi di kostan atau kontrakan. Sehingga penghuninya tidak bisa sembarangan menyimpan barang-barangnya. Harus ekstra waspada dan berhati-hati dalam menjaga barang berharganya.

• Pemandangan yang lebih indah.

Memilih apartemen untuk mahasiswa adalah pilihan tepat jika menyangkut pemandangan yang tersedia. Di apartemen Anda dapat melihat pemandangan kota dari atas sehingga bisa mendapatkan pikiran yang lebih luas dari bentangan cakrawalanya.

Sedangkan di kostan, Anda hanya bisa melihat jalan sempit dan gang-gang yang saling berhimpitan.

• Fasilitas lebih memadai.

Keunggulan memilih apartemen untuk mahasiswa yang lainnya adalah kelengkapan fasilitas yang tersedia. apalagi jika Anda memilih apartemen yang fully-furnished. Selain itu kamar mandi nya tersedia dalam setiap kamar.

Lain halnya dengan tinggal di kost yang fasilitasnya serba terbatas. Seperti jumlah kamar mandi yang tidak sebanding dengan jumlah penghuninya. Sehingga antrian kamar mandi dan toilet adalah pemandangan yang sering terlihat.

2. Kekurangan

Dibalik keunggulan tersebut, memilih apartemen juga memiliki kekurangan tersendiri. Yaitu:

• Biaya sewa yang lebih mahal

Biaya sewa untuk sebuah apartemen dapat berkali lipat mahalnya dibandingkan menyewa kost atau kontrakan. Hal ini sejalan dengan banyaknya fasilitas yang dapat dinikmati oleh penghuninya.

• Biaya living cost yang mahal.

Apartemen termasuk hunian yang cukup elit. Penghuninya juga dari kalangan atas. Sehingga memilih apartemen untuk mahasiswa tidak cocok bagi yang hobi berhemat.

Sebab, harga kebutuhan pokok di apartemen akan lebih mahal dibandingkan tempat lain. Selain itu Anda membutuhkan penguat sinyal untuk telepon dan internet karena di apartemen akan susah mendapatkan sinyal yang baik. Itu akan menjadi biaya tambahan untuk anda

• Biaya perawatan yang tinggi.

Layanan perawatan apartemen yang dilakukan oleh menejemen apartemen tidak diberikan secara cuma-cuma. Untuk itu tambahan biaya yang tidak sedikit harus anda siapkan untuk tinggal di apartemen.

Meskipun kekurangan memilih apartemen untuk mahasiswa adalah dari banyaknya biaya yang Anda keluarkan. Anda mungkin masih mempertahankan opsi tersebut dikarenakan pertimbangan kenyamanan. Yang nantinya akan mempengaruhi proses belajar Anda.

Tetapi jangan khawatir, Anda masih bisa menyiasatinya dengan tips-tips berikut ini:

1. Sewa apartemen bersama teman-teman

Selain untuk menghemat biaya, dengan menyewa apartemen bersama teman. Akan membuat anda merasa lebih nyaman karena tidak tinggal sendirian. Ajaklah teman dekat anda sehingga anda bisa saling berbagi dan memiliki seseorang yang bisa diajak diskusi.

2. Pilihlah apartemen yang sesuai kebutuhan

Jangan hanya karena mengikuti gaya hidup yang mewah, Anda lantas memilih apartemen untuk mahasiswa yang fasilitasnya sebenarnya tidak begitu anda perlukan. Sehingga fasilitas yang tersedia menjadi sia-sia. Ingat tujuan anda kuliah, yaitu mencari ilmu. Sehingga fasilitas yang dipilih adalah dalam rangka mendukung kenyamanan belajar anda.

3. Memasak sendiri.

Anda perlu memilih apartemen yang tersedia fasilitas berupa dapur. Sebab, dengan memasak sendiri anda dapat menghemat pengeluaran. Apalagi jika anda tinggal bersama beberapa orang di dalam apartemen.

Dari uang patungan, anda bisa lebih menekan budget pengeluaran. Selain itu memasak sendiri bisa menjadi salah satu hiburan setelah jenuh dalam proses belajar. Memasak sendiri juga lebih sehat, Anda tahu pasti kualitas bahan makanan yang anda gunakan untuk memasak.

Sehingga tidak perlu takut akan kandungan berbahaya pada makanan yang anda beli diluar. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan memasak sendiri di apartemen agar keuangan Anda tetap sehat.

Itulah beberapa kelebihan, kekurangan, serta tips-tips memilih aparteman untuk mahasiswa. Setelah menyimak informasi diatas tentu saja Anda akan tahu apakah tepat memilih aparteman untuk mahasiswa tinggal selama kuliah. Anda dapat mempertimbangkan sendiri sesuai dengan kemampuan finansial Anda.