Kelebihan dan Kekurangan Dalam Bisnis Apartemen

Kelebihan dan kekurangan dalam Bisnis apartemen

Perkembangan penduduk di Indonesia saat ini tergolong sangat pesat. Dengan demikian maka saat ini dibutuhkan tempat tinggal sebagai hunian yang termasuk dalam kategori kebutuhan pokok.

Tempat hunian bisa terdiri dari rumah, perumahan, kontrakan, rumah susun dan apartemen. Dengan meningkatnya pertumbuhan ini maka banyak orang yang memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Salah satu bisnis yang sedang populer adalah bisnis apartemen.

Ya, bisnis apartemen saat ini banyak diminati oleh masyarakat perkotaan. Apartemen memiliki peran yang sama dengan rumah pada umumnya, namun apartemen lebih banyak diminati.

Mengapa demikian? Hal ini karena apartemen saat ini dianggap sebagai tempat hunian modern. Desain apartemen yang memudahkan serta fasilitas yang memadai yang menjadi daya tarik bagi setiap penghuni apartemen.

Sering kali penghuni apartemen lebih merasa bangga tinggal di apartemen dari pada di rumah. Hal ini karena semakin berkembangnya zaman yang menjadikan apartemen lebih banyak diminati oleh orang-orang.

Apalagi jika mereka yang bekerja di kota sedangkan tempat tinggal berada di luar kota atau di pinggiran kotaa kan cenderung untuk memilih sewa apartemen. Banyak pula artis ibu kota yang lebih suka tinggal di apartemen dari pada tinggal di rumahnya sendiri.

Karena terdapat masalah yang banyak dihadapi pengguna apartemen maka tak jarang apartemen yang baru mau direncanakan di bangun saja sudah habis terjual dengan laris. Oleh karena itu, bisnis apartemen dianggap lebih menguntungkan sat ini dibandingkan dengan bisnis properti lainnya.

Adapun kelebihan dan kekurangan bisnis apartemen akan dijelaskan berikut ini.

Kelebihan Dalam Bisnis Apartemen

Kelebihan yang paling mencolok pada bisnis apartemen yaitu karena apartemen saat ini menjadi tren tempat hunian modern. Banyak orang-orang dari kalangan ke atas lebih suka tinggal di apartemen. Hal ini karena saat tinggal di apartemen penghuni akan diberikan keamanan, kenyamanan, kebersihan dan juga fasilitas yang memadai.

Biasanya di apartemen terdpat fasilitas seperti kolam renang, tempat kebugaran, pusat perbelanjaan serta hal lainnya.

Selain itu, fasilitas di dalam unit apartemen juga mampu menunjang kasta seseorang yang tinggal di apartemen. Karena hal inilah banyak pengusaha yang memanfaatkan kondisi ini sebagai peluang bisnis. Bayangkan saja harga satu unit apartemen berkisar 500juta rupiah.

Jika satu unit ini disewakan dalam satu bulan harga sewa apartemen bisa mencapai 3-4juta rupiah. Angka ini tentu sangat tinggi jika untuk dijadikan tempat hunian yang memiliki luas ruangan yang tidak terlalu besar. Namun angka ini justru dianggap biasa saja oleh kalangan ke atas yang tinggal di apartemen.

Jika dalam satu bulan harga sewa apartemen bisa mencapai 3-4 juta maka untuk satu tahun berapa uang yang di dapatkan. Itu baru satu unit, Anda bisa bayangkan berapa unit apartemen yang ada pada bangunan apartemen yang menjulang tinggi ke langit.

Tentunya ada beratus-ratus unit apartemen. Jika semua itu dihitung, berapa jumlah keuntungan yang didapatkan setiap bulannya.

Namun untuk harga apartemen yang mahal dan tinggi tergantung dari kualitas dan fasilitas apartemen yang disewakan. Selain itu lokasi apartemen yang strategis juga akan semakin menambah harga sewa apartemen.

Apalagi jika apartemen berdiri di tengah kota besar, tentu harga satu unitnya akan semakin mahal.

Kelemahan Dalam Bisnis Apartemen

Dibalik keunggulan apartemen di atas, tentu saja ada kelemahan ataupun kekurangan yang dimiliki bisnis apartemen. Bisnis apartemen tidak memiliki nilai investasi untuk jangka panjang.

Hal ini karena setiap tahunnya bisnis apartemen selalu mengalami inflasi. Jika dibandingkan dengan rumah bias yang setiap tahun mengalami kenaikan harga yang berlipat-lipat.

Selain itu dalam bisnis apartemen Anda juga harus siap-siap mematuhi kebijakan dari pengelola apartemen untuk membayar biaya perawatan fasilitas. Dengan begitu pengeluaran yang dikeluarkan akan semakin besar.

Hal ini karena dalam gedung apartemen terdapat banyak fasilitas yang mendukung, dan untuk merawatnya maka setiap penghuni apartemen akan ditarik biaya perawatan tersebut.

Perkembangan zaman yang menuntut orang lebih suka tinggal di apartemen memunculkan usaha yang untuk menciptakan bisnis apartemen. Hal ini karena bisnis apartemen saat ini sedang tren dijadikan sebagai tempat hunian yang modern dan banyak disukai oleh masyarakat kota pada umumnya.

Namun dalam mengembangkan bisnis ini perlu diketahui kelebihan dan kelemahannya. Dengan kelebihan dan kelemahan yang sudah dijelaskan dia atas maka Anda bisa memikirkan kembali untuk membangun bisnis apartemen ini.